Minggu, 01 Januari 2012

POLA PENGAJARAN MEMBACA AWAL


POLA PENGAJARAN MEMBACA AWAL

Urutan pola pengajaran membaca

v  Menyanyikan lagu ABC
Pertama-tama, kami memperkenalkan huruf alphabet kepada anak melalui lagu ABC. Menurut kelompok kami, anak-anak akan lebih mudah mengenal dan menghafal huruf alphabet bila dinyanyikan dengan lagu ABC tersebut.

v  Memperkenalkan huruf vocal
Setelah anak mengenal semua huruf alphabet, selanjutnya kami terlabih dahulu memperkenalkan huruf vocal (a,i,u,e,o) kepada anak karena lebih mudah dalam pengucapannya.

v  Memperkenalkan huruf konsonan
Setelah anak mengenal huruf vocal, selanjutnya kami memperkenalkan huruf-huruf konsonan, seperti : b,c,d,g,h,j,k,l,m,n,p,r,s,t,w,y. Huruf-huruf konsonan tersebut kemudian kami rangkaikan dengan huruf vocal sehingga membentuk suatu kalimat yang padu dan dapat dibaca oleh anak dengan mudah.

v  Memperkenalkan huruf konsonan asing
Setelah anak dapat membaca dengan cukup lancar, kemudian kami memperkenalkan huruf konsonan yang berasal dari serapan asing, yaitu : f,q,v,x,z. Huruf-huruf konsonan tesebut hanya kami rangkaikan dengan huruf vocal saja tanpa membentuk suatu kalimat karena materi ini merupakan  pengayaan bagi anak.

v  Memperkenalkan partikel ng- dan ny-
Agar anak dapat membaca dengan lebih lancar, maka kami memperkenalkan materi ini sebagai pengayaan bagi anak.

Huruf Alfabet

   a     b       c       d       e

   f     g       h       i       j

   k     l       m      n       o

   p     q       r       s       t

   u     v       w       x       y

   z






Setelah anak mengenal semua huruf alphabet, kemudian kami mengajarkan huruf-huruf :

  a i u e o

  b c d g h

  j k l m n

  p r s t w y

  f q v x z







a i u e o

aa                               

   ii

   uu

   ee

   oo

   a i u e o

   i a u o e

   u a e i o

   e a o u i

   o e i a u


             B=b

b  a         b  i        b  u          b  e         b o                          ba         bi          bu                  be          bo

ba ba      bi bi      bu bu       be be      bo bo

   

bi bi   be bi                          i bu  a bi  bo bo

bi bi   bo bi                          e bi  i bu  bu be

bi bi   bobo                          o bi  bi bi  u be

       

 bi bi   bo bi  bi bi  be bi  bo bo



 

            C=c

c  a          c  i           c  u          c  e          c o

 ca           ci            cu           ce           co

ca ca        ci ci         cu cu        ce ce       co co

 

cu cu  ci ca                      u ci   cu cu   ce ci

cu cu  ce co                     o ca   cu ci   u bi

cu cu  a ca                       ba be   ci ci   ba ca

cu cu  e ci                       u co   ba ca   bo bo


     i bu   co ba   cu ci   ca be




            D=d

d  a          d  i           d  u          d  e          d  o

 da           di            du           de           do

da da       di di         du du       de de       do do

                                                                      

de de   du de                      e di   a du   da du

de de   de di                       a da   i bu  de ci

de de   di do                       ba be   ci ca   du da

de de   du di                       a de   co ba   be ca


      de de   du du  di   da da   do do 

             G=g

g  a          g  i           g  u          g  e          g  o

 ga           gi            gu           ge           go

ga ga        gi gi         gu gu        ge ge       go go

 

gi gi   gi ga               a de   e gi   ga gu

gi gi   ge go              da gu   o ga   be da

gi gi   e ga                e go   du de   ge de

gi gi   o gi                 be ca   a da   di   da go


   di  gi gi   u gi   a da   ca be




            H=h

h  a          h  i           h  u          h  e          h  o

 ha           hi            hu           he           ho

ha ha       hi hi         hu hu       he he       ho ho

 

ho bi   ba ca                     ha di   ho bi   cu ci

ho bi   bo bo                     e ha   bi bi   hi da

ho bi   ha di                     a da   u hu   a da  he bi

ho bi   bu bu                     a de   ha ci   ge de


          ho bi   ha di   ba  ca   bo bo



J=j

j  a           j  i            j  u           j  e           j  o

 ja            ji             ju            je            jo

ja ja        ji ji          ju ju        je je                jo jo

 

ja ga  ja ja                      i bu   ha ji   ju ju

ja ga  ju ju                      ga ji   jo di   ge de

ja ga  je je                      a ji   ja go   ju do

ja ga  jo jo                      jo jo   ja di   du da

 

         ba be   ju ga   ja di   ha ji





K=k

k  a          k  i           k  u          k  e          k  o

 ka           ki            ku           ke           ko

Ka ka       ki ki         ku ku        ke ke       ko ko

 

Ka ki   ka ke                     ku ku   ku da   ge de

Ka ki   ka ku                     ka ka   ba ca   bu ku

Ka ki   ku ku                     a ku   a de   e ko

Ka ki   ki ko                      ka ke  o ki  ja di  ko ki

 

          ki ki   bu ka   ba ju   ko ko




 

L=l

 

l a            l  i            l  u           l  e           l  o

 la            li             lu            le            lo

la la         li li           lu lu         le le         lo lo

 

la lu   la la                        lu la   be li   li li

la lu   li li                         li lo   ja di   gi la

la lu   le le                       ku ku   le li   lu ka

la lu   lo lo                        li la   ja ga   bo la  e la

 

lo li   cu ci   ba ju   di   ka li



M=m

m  a          m  i          m  u          m  e         m  o

 ma          mi           mu           me          mo

ma ma      mi mi        mu mu      me me     mo mo

 

ma ma   ma mi                    ma na   ma mi   mi mi

ma ma   mi mi                     a de   mi mi   cu cu

ma ma   mu mu                   ma mi   ci ka   mu da

ma ma   me me                   bi ma   ba ca   me mo

 

   ma ma   mu mu   a da   di   be mo


N=n 

n a           n  i           n  u          n  e          n  o

 na           ni            nu           ne           no

na na        ni ni         nu nu        ne ne       no no

 

na ma   na na                    i ni   ni ni   na no

na ma   ni ni                     i ni   na ga li la

na ma   nu nu                    ma na   no na   mo na

na ma   ne ne                   na ma   a ku   ne na

 

          ne no   cu cu   bi bi   ni na





P=p

p  a          p  i           p  u          p  e          p  o

 pa           pi            pu           pe           po

pa pa        pi pi         pu pu        pe pe       po po

 

pa pa   pe pi             di   pi pa   a da   pa ku

pa pa   po pi             ka ki   po pi   ke na ko pi

pa pa   pu pi             pe pi   pa ke   ba ju   ko ko

pa pa   pa pi             a da   ma mi   ju ga   pa pi

 

        di   pi pi   ba pa   a da   pa nu

R=r

r  a           r  i           r  u           r  e          r  o

 ra            ri            ru            re           ro

ra ra        ri ri          ru ru        re re        ro ro

 

ra ja   ra ka                     ra no  la gi  la ri  pa gi

ra ja   ro bi                      ro mi  ju ga  ja di jera

ra ja   re no                     re ni  be li  ce ma ra

ra ja   ro ki                      ro da  be ca  la ri

 

ra ja  ro ki  be ri  ru ko  pa da  lo ra


S=s

s  a           s  i           s  u           s  e          s  o

 sa            si            su            se           so

sa sa        si si          su su        se se        so so

 

su su   sa sa             ro si   su ka   su su    sa pi

su su   si sa              ada   da si   di   da da ri sa 

su su   se si              si sa   su su   bi sa  ba  si

su su   su si              ba so   se no   ja di   ba si


di   si si   se mi   a da   so ni


T=t

t  a           t  i           t  u           t  e          t  o

 ta            ti            tu            te           to

tata         titi           tutu         tete         toto

 

i tu   ta ta                i tu   a da   ba tu   ba ta

i tu   ti ta        i ni   bo la   ma ta   ti to

i tu   te ti                ti ba   ti ba   a da   ta mu

i tu   to to                sa tu   ka ta   sa tu   ra sa

 

      ta li   pi ta   di ta ta   ti ta




W=w

w  a          w  i           w  u          w  e          w  o

 wa           wi            wu           we           wo

wa wa       wi wi        wu wu       we we      wo wo

 

wa wa   wi wi               wa li   la gi   wa ra  wi ri

wa wa   ta wa              ta wa   ti wi   i tu   lu cu

wa wa   i wa                 we li  su ka  sa ma  sa wo

wa wa   wo wo             u wa   bi sa   ba ha sa  ja wa

 

   li no   ba wa   wo ro   ke  ja wa




Y=y

y  a          y  i           y  u          y  e          y  o

 ya           yi            yu           ye           yo

ya ya        yi yi         yu yu        ye ye       yo yo

 

yo yo   ya ya            na ma   sa ya   ca ha ya

yo yo   ye ni             u ya   i tu   ku ya

yo yo   yo gi             ha yo   ki ta   a du   yo yo

yo yo   yu ni             ma ya   a da   sa ma   sa ya

 

yu ni ta  i tu  ja go  yo ga






Huruf Konsonan Asing :


F=f

f  a          f  i           f  u          f  e          f  o

 fa           fi            fu           fe           fo

fa fa        fi fi         fu fu        fe fe       fo fo


 

Q=q

q a           q  i           q  u          q  e          q  o

 qa           qi            qu           qe           qo

qa qa        qi qi         qu qu        qe qe       qo qo

V=v

v  a           v  i           v  u           v  e          v  o

 va            vi            vu            ve           vo

va va        vi vi          vu vu        ve ve        vo vo




X=x

x  a          x  i           x  u          x  e          x  o

 xa           xi            xu           xe           xo

xa xa       xi xi         xu xu       xe xe       xo xo




Z=z

z  a          z  i           z  u          z  e          z  o

 za           zi            zu           ze           zo

za za        zi zi         zu zu        ze ze       zo zo






Partikel ng- dan ny- :

Ng=ng

ng a          ng i          ng u          ng e         ng o

 nga          ngi          ngu          nge         ngo

 

    si nga   ba wa   ru sa            

    ni sa   la gi   nga ji

    ya di   be li   ba ngo

    sa ngu   i bu   ba si

    ba be   ngu li   be ca 

 



Ny=ny

ny a          ny i          ny u          ny e         ny o

 nya          nyi          nyu          nye         nyo

 

    so nya   ho bi   nya nyi

    bi bi   nyu ci   pi ring

    si ta   nya pu   pa gi   so re

    ka mu   o rang   ke nya

    a pi   i tu   nya la   la gi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar