Minggu, 25 Desember 2011

NASKAH DRAMA

Tema : Percintaan
Kelompok I
Kelas XII Bahasa ‘09
SMAN 2 CIMALAKA (KAB. SUMEDANG)
Pemeran :
1.        Dhea Nurul Agustina sebagai Dara
2.      Iin Ipah Rudianti sebagai Lusia
3.      Ratna Fitriani sebagai Bu Faridha
4.      Adita Endang Lesmana sebagai Radit
5.      Tasripin Muharram sebagai Rangga

“Cinta beruntun”
(Pagi itu, saat bel masuk telah berbunyi disebuah ruangan kelas yang begitu ramai tiba-tiba bu guru memasuki ruangan kelas dengan membawa seorang siswi baru)
Bu guru : “  Selamat pagi anak-anak …!!! “
Murid : “ Pagi buuuuuu ….”
Bu guru : “ Hari ini ibu akan memperkenalkan seorang siswi baru kepada kalian. Mulai sekarang ia akan ikut belajar bersama kita di kelas ini, ibu harap kalian semua bisa menyambut kedatangannya dengan baik dan kalian juga bisa menjadi teman yang baik untuk  dia..”
Murid : “ ia bu…”
Bu guru : “ Baiklah … Sebelum pelajaran dimulai, ayo perkenalkan dirimu ra..”
Dara : “ Baik bu… Perkenalkan nama saya Dara Praditya, saya pindahan dari SMAN 8 Jogjakarta.”
Bu guru: “Iah…  cukup dara .. kamu bisa berkenalan lebih jauh dengan murid-murid yang lain saat jam istirahat.. sekarang kamu boleh  duduk di bangku itu … emmmm…. bersama Lusia “
Dara : “ terima kasih bu”
(Setelah itu murid-murid kembali belajar … Suasana dikelas itu begitu hening … Hanya ada satu suara yang ada disana…. yaitu Suara bu Faridha yang dengan lantang menerangkan “Fungsi Kuadrat”. Murid-murid begitu serius memandangi papan tulis putih yang ditulisi dengan angka-angka oleh bu Faridha didepannya…. Tak lama setelah itu ,,, lonceng istirahat berbunyi. Teng-teng-teng-teng. )
Bu guru : “ Waktunya sudah habis. Baiklah anak-anak … Pelajaran kita lanjutkan besok … Selamat istirahat !”
( Bu guru membereskan barang-barangnya dan kemudian meninggalkan kelas)
Radit : “ Eh sob …… si dara itu temen smp kita dulu kan?”
Rangga : “ Yoyoy…. Dulu loe suka kan sama dia???”
Radit : “Yoi, bener banget! tapi dulu gue di tolak sama dia cuy…. hehe. “
Rangga  : “ hahaaaa … jelex banget bro nasib loe, Yaudah…  loe cobain deketin dia lagi aja, siapa tahu sekarang mempan. Ia ga bro????? ”
Radit : “ Hahaaa bener juga lo, yaudah yuk kita samperin pacar lo sama calon pacar gue yuk?  Dara gituh….. Hahaha. “
Rangga : “ hah…… belum apa-apa udah kepedean lu…..!”
Radit : “ Yeee ya biarin.. suka-suka gue gituh …. lagian cewek mana sih yang bisa nolak gue? Gue kan rrroker man anaknya beh Usep Rojali van der haus geooooh…..”
Rangga : “ hahahaaa…… dasar norak luh!”
Radit : “ Norrak? lu aja kali … gue tuh justru bangga tau gak …. babeh gue kan turunan sunda, betawi ame jerman …. hahaha… keren ga? ia gak? ia gak? ia gak?”
Rangga : “ hahhh…… itu justru gak lazim bro.. emang bisa gitu orang bisa berasal dari 3 keturunan getoh? “
Radit : “ Wah cuy…. lu bener-bener gapgossssss alias gagap gosipppppp ….. gini yaaa… ceritanya tuh dulu waktu nenek gue baru merit sama kakek gue yang asal sunda, dia itu diperkosa sama kompeni belanda. Lalu nenek gue hamil. Nah anak nya tuh jadi berasal dari 3 gen…. yang satu gen suku sunda yang satunya lagi dari belanda… Naaaah nenek gue asal betawi…. so… babeh gue di kasih nama “Usep Rojali van der haus dehhhh”!!”
Rangga : “ hahahahahaaaaaaa dasar lu!“
 ( Mereka tertawa terbahak-bahak bersama,kemudian mereka menghampiri Lusia dan Dara yang sedang berkenalan.. Rangga begitu terpusat pada lusia, ia menghampirinya dengan sejuta senyuman.)
Rangga : “ hey yang … ke Kantin yuk? “
(Dara menoleh dan memandangi Rangga dengan herannya)
Dara : “ Rangga….. ?“
Lusia : “ loh ….. kalian udah saling kenal????”
Dara : “Lus… Rang,,,  Kalian berdua pacaran?”
Rangga : “ Emmmm ia Dar … lusia ini pacar gue…. Dan kamu yang …. Dara ini temen smp aku sama Radit…. dulu kita deket banget! Ia kan dit?ra?”
Radit : “ Yoyoy.. “
Dara : ( Dara tersenyum)
Lusia : “ Oooooooo……. jadi gitu ceritanya …. pantesan “
Rangga : “ hmmm ….  yaudah … kita kekantin bareng aja yuk?”
Dara : “ yuk!”
( Dara menyimpan sedikit tangis dihati kecilnya, kemudian mereka pergi kekantin bersama-sama, setibanya dikantin)
Lusia : “ Ra kamu mau pesen apa? “
Dara : “ emmmmm samain aja…. !”
Lusia : “ok!”
Dara : “ Makasih ya lus, Eh …. aku mau ke toilet dulu yah?”
Radit : “ perlu aku anter?
Rangga : “ Hah gila aja luuuu … jangan mau ra …. entar diintipin kalo sama dia.”
Radit : “ Yeeee ….. enak aja lu… “
Dara : ( sedikit tersenyum ) bisa-bisa aja kalian ini … udah gak usah dit… aku bisa sendiri ko! “
( Dara meninggalkan mereka dan melangkahkan kakinya menuju toilet, setibanya di toilet …)
Dara : Hmh,,, ya Allah…. kenapa Rangga bisa jadian sama Lusia? Aku tuh pindah kesekolah ini karena aku pengen deket sama Rangga…. aku suka sama dia dari dulu… kenapa sekarang saat aku udah bisa deket sama dia, dia justru udah punya cewek??????? Ya Allaah. Aaaaarghhh “
( kekecewaan Dara tak tertahankan … ia tak menyadari jika ia sedang berada di tempat umum, kemudian Bu Faridha menghampirinya sambil mengetok pintu toilet )
Bu Faridha : “ Dar… dara….. Kamu kenapa ???”
( Dara  terkejut, kemudian ia membuka pintu toilet)
Dara : “ Bu Faridha? “
Bu Faridha : “ Kamu kenapa dar? Tadi kamu ngomong apa? ibu tadi denger kamu teriak-teriak. “
Dara : “ Ohh ….. engga kok bu…. aku baik-baik aja “
Bu Faridha : “ Udahlah… jangan bohong sama ibu… Ibu tahu kalau kamu sedang ada masalah.. tadi kamu nyebut-nyebut nama Rangga, Ia kan ?
Dara : “ Emmh … engga kok bu beneran, dara baik-baik aja! Tadi Dara emang teriak-teriak sambil nyebutin nama Rangga bu…. soalnya  Dara kan lagi latihan drama bu…. hmhmmmmm”
Bu Faridha : ‘” Ohhh gitu….. lain kali kalo latihan drama jangan di toilet donk! ini kan tempat umum …. “
Dara : “ Emmmmmh Ia bu….. maaf ya…. “
Bu Faridha : “yaudah …. Ibu tinggal dulu ya….. “  
Dara : “ Ia bu…. ! “
( Dara kembali kekantin dan saat jam istirahat habis , mereka kembali ke kelas…  Saat itu suasana kelas begitu bising .. karena pada saat itu guru mata pelajaran mereka berhalangan hadir, Dara dan lusia berbincang-bincang bersama )
Dara : “ Hmmm… eh kalau boleh tahu kamu udah berapa lama hubungan sama Rangga?”
Lusia : “ Emmhh……. kira-kira udah 3 bulanan lah… kenapa gitu?”
Dara : “ Oh engga ….. Cuma pengen tahu aja .. kayaknya kamu sayang banget ya sama dia?”
Lusia : “ emmmmm….. gak juga sih!”
Dara : “ hah? Maksud kamu apa? jadi kamu Cuma maenin dia?”
Lusia : “(Tersenyum malu… ) emm.. tapi jangan bilang-bilang ya… sebenernya ceritanya tuh gini… dulu dia tuh ngebet banget pengen jadi pacar aku… dia terus-terusan ganggu aku …. padahal aku tuh sebenernya suka sama Radit… cuman Radit gak mau sama aku! Nah…. lewat Rangga mungkin aku bisa manas-manasin  Radit …. lagian Rangga itu kan lumayan cakep…. Dan yang paling penting … dia itu tazir tau….. lumayan lah buat ditebengin pulang pergi ke sekolah sama jajan di kantin! ia gak? “
Dara : “ Wah … aku gak nyangka sama kamu… cantik-cantik kok bisa punya pikiran se-picik itu.”
Lusia : “ hmmm …. dara… daraaaaa …. pacaran itu mesti pake otak say…. jangan pake hati…. kan lumayan ada untungnya kalau aku pacaran sama si Rangga. Ia gak? ”
Dara : “ Terserah kamu lah….. tapi kalo menurut aku kamu terlalu tega lus….. kamu gak mikirin perasaan Rangga.“
Lusia : “ Ahhh udahlah … gak usah di permasalahin lagi …. lagian dulu aku juga pernah sakit hati banget waktu Radit nolak aku… Nah mungkin sekarang saatnya aku bales rasa sakit hati aku sama temen deketnya”
Dara : “ Tapi Rangga kan gak punya salah apa-apa sama kamu lus.. kenapa kamu mesti bales dendamnya sama dia???”
Lusia : “ Kenapa sih kamu terus-terusan bela Rangga .. jangan-jangan kamu suka ya sama dia ???”
Dara : “ Lus… aku gak belain siapa-siapa.. tapi emang kamu yang salah jika posisinya kayak gini.”
Lusia : “ Alah udahlah jangan sok ngalihin pembicaraan gitu… ngaku aja kalau kamu emang suka sama cowok aku. “
( Dara semakin kesal dan lalu ia meluapkan emosinya )
Dara : “ Ia udah … aku ngaku kalo aku emang suka sama rangga….. bahkan dari dulu… dan asal kamu tahu … aku pindah ke sekolah ini karena aku pengen deket lagi sama Rangga… tadinya aku udah ikhlasin kalau Rangga sama kamu… tapi sekarang aku udah tahu semuanya … ternyata kamu cuma manfaatin Rangga, dan aku gak bisa biarin semua itu!”
( Teriakan dara begitu keras sehingga teman-teman sekelasnya mendengar, termasuk Rangga dan Radit. Tak lama setelah itu Rangga menghampiri mereka.)
Rangga : “ Ada apa ini? kenapa kamu ngomong gitu dar? jelasin sama aku ada apa sebenarnya?”
Dara : “ Rang…asal kamu tahu…. sebenarnya cewek kamu yang selalu kamu puji-puji ini hatinya busuk! Dia itu cuman manfaatin kamu… buat ngebales rasa sakit hati dia karena temen deket kamu… Radit!”
Radit : “ Hey… ada apa ini? kenapa mesti bawa-bawa aku? ( Radit keheranan )”
Rangga : ( Kembali menatapi Dara )“ apa kamu bilang? kamu jangan mitnah cewek aku kayak gitu donk! kamu itu yaaa baru masuk kesini satu hari aja udah bikin masalah!”
 ( Suasana berubah menjadi sangat menegangkan, teriakan mereka terdengar hingga ruang guru… lalu bu Faridha yang kebetulan wali kelas mereka menghampiri kelas itu)
Bu Faridha : “ ( Sambil memukul-mukul meja) Berhenti semuanya … ada apa ini? ribut-ribut… kalian ini sudah kelas 3 sma… tapi kelakuan kalian tak lebih dari murid-murid kelas 3 SD … Kalian semua… rangga, radit, Dara dan kamu Lusia ikut ibu ke kantor!”
Lusia : “ Semua ini gara-gara kamu dara. Awas kamu!”
( Setibanya di ruang bu Faridha)
Bu Faridha : “ Ada apa sebenernya ra? kamu orang yang paling segut dari percekcokan ini…. jelaskan sama ibu apa masalahnya.”
Dara : “ Sebenernya tadi aku emosi bu …. waktu aku denger dari lusia kalau sebenarnya dia itu cuma manfaatin Rangga.”
Rangga : “ Udah … kamu jangan terus-terusan mitnah cewek aku terus donk!”
Dara : “ Kalau kamu gak percaya … tanyain aja sendiri sama cewek kamu!”
Rangga : “ hah? ( Berbalik menatapi lusia )Itu gak bener kan lus?”
Bu Faridha : “ Udah…. ayo jawab apa benar kamu seperti itu lusia? katakan yang sebenar-benarnya! “
Lusia : “ ( mengambil nafas pelan) Iah bu…. apa yang di katain sama Dara itu bener… aku emang manfaatin Rangga. aku ngebales rasa sakit hati aku sama Radit lewat Rangga… karena Rangga adalah satu-satunya temen deket radit! “
Rangga : “ Apa kamu bilang? kamu berani banget maenin perasaan aku lus…. selama ini aku tulus sama kamu .. kenapa kamu bales ketulusan hati aku kaya gini?”
Lusia : “ Maafin aku Rang …. ini semua salah temen kamu si Radit.. dulu aku juga pernah ngerasain gimana sakitnya di tolak sama Radit . Jadi sekarang aku anggap semuanya impas!!!!”
Radit : “ kamu masih ngungkit-ngungkit masa lalu ??? lusiaaaaaaaaa ….. aku bener-bener minta maaf …. aku gak bisa sama kamu karena aku sukanya sama Dara… dari dulu…. sebelum aku kenal kamu,,, !”
Dara : “Ia …. aku juga udah tahu…. tapi maaf aku juga gak bisa dit … karena aku sayangnya sama Rangga… dari dulu juga.”
Rangga : “ Maaf dar… tapi aku sayangnya sama Lusia… dan cuman Lusia yang ada di hati aku.”
Lusia : “ Tapi…. tapi…  aku juga mau minta maaf Rang… aku dah gak bisa bohongin perasaan aku… aku udah gak bisa lagi sama kamu! Bener kata Dara, selama ini aku mau jadian sama kamu karena aku cuman manfaatin kamu aja rang…..Sekali lagi maafin aku ya Rang ….Mulai sekarang kita putussss!!!!!!”
Bu Faridha : “ Sudah-sudah!!! Stop! maksudnya apa ini? Rangga suka sama Lusia, tapi  Lusia suka sama Radit, Radit  suka sama dara tapi Dara sukanya sama Rangga …haaaaaaaaaaaaaaaa…….
( Bu Faridha tak sadarkan diri, ia pingsan. Lusia, Radit, Rangga dan Dara panik! Setelah itu mereka membawa bu Faridha pergi keruang kesehatan… setibanya di UKS )
Dara : “ Aduuh … gimana nih?”
Lusia : “ Ya udah kita biarin Bu Faridha iastirahat dulu aja.”
Rangga : “ Tungguin di luar yuk?”
Radit : “ Yu aah … !”
( Mereka keluar dari ruang UKS, diluar mereka berbincang-bincang bersama.)
Radit : “Emh coba tadi kita gak berantem, mungkin bu Faridha gak akan pingsan kaya gini! “
Rangga : “ Ia bener, ini semua salah kita!”
Dara : “ Udah lah jangan nyalahin diri kita kaya gini terus! gak ada gunanya .. lebih baik sekarang kita selesain sendiri masalah kita yang tadi.”
Radit : “ Terus gimana?”
Lusia : “ Sekali lagi maafin aku ya temen-temen, aku akuin aku emang salah terutama sama Rangga, menurut aku solusinya  … ( sejenak berpikir ) Emmm…. kayaknya temenan jauh lebih baik deh! gimana? ( memandangi Rangga, Dara dan Radit)”
Dara : “ Setuju banget! It’s a good idea”
Rangga : “ Kalian bener … tapi lus, aku pengennya lebih! ( mamandangi Lusia)”
Radit : “ Ahhh udah deh jangan ngarep! ( Memandang Rangga ) Lusia sama Dara udah bener, nah sekarang kan semuanya udah setuju… gimana kalau sekarang kita bikin janji PERSAHABATAN, yuk?”
Rangga : “ Yaudah deh! ( sedikit sedih)”
Lusia & Dara : “ Oke …( sambil mengacungkan jempol)”
( Setelah itu, mereka saling mengikat kelingking mereka satu sama lain)
Dara, lusia, radit, dan rangga : “ We are best friend forever! Kita sahabat selamanya… (Semuanya tersenyum)“
( Tanpa mereka sadari ternyata Bu Faridha telah siuman, dan mengintip mereka di pintu UKS. Kemudian …)
Bu Faridha : “ (sambil unjuk jempol) good good good…. !” ( mereka sedikit terkejut)
Radit : “ Ehh.. Bu Faridha.. kenapa siuman bu? Mending pingsan lagi aja deh! kan enak kita jadi gak usah belajar matematika lagi! ia kan temen-temen??”
Bu Faridha : “( kesal sambil melototi Radit ) Errrggghhhhmmm”
Radit : “ hehee peace buuu!”
( Lusia, dara, dan rangga tertawa)
          Itu lah akhir dari cerita mereka, setelah kejadian itu mereka mejadi sahabat sejati yang amat rukun. Dan hal terpenting yang dapat mereka ambil dari pengalaman mereka ini adalah “persahabatan jauh lebih berarti dari segalanya, tidak seperti cinta yang hanya menghadirkan kebahagian semu dan selalu berakhir duka”.  * TAMAT*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar